Senin, 05 Januari 2015

Persamaan Hak dan Derajat dalam Keluarga

Saya akan membahas Persamaan Hak dan Derajat dalam lingkungan yang paling kecil yaitu dalam lingkungan keluarga.

Terbentuknya suatu keluarga baru ialah yang beranggotakan seorang ayah, seorang ibu, dan anak mereka sebagai pelengkap. Dengan membentuk suatu komitmen dan perjanjian tertentu untuk mencapai tujuan bersama itulah hal yang biasanya di lakukan oleh sepasangan suami istri dalam membina rumah tangganya. Beserta anak yang mereka didik dari kecil hingga dewasa yang dapat mereka jadikan sebuah investasi masa depan mereka. Investasi disini maksudnya ialah sang anak yang dapat membantu dan  mengurus ayah dan ibunya ketika mereka tua kelak.

Disini saya akan membicarakan tentang Persamaan Hak dan Derajat masing masing anggota keluarga. Seorang Ayah memiliki derajat yang tinggi didalam keluarga, ia sebagai tulang punggung keluarga, pemimpin keluarga berkewajiban atas memimpin keluarganya pada jalan yang lurus, berhak untuk mengatur istri dan anak – anak nya sesuai dengan hal kebenaran. Berkewajiban memberikan nafkah untuk berlangsungnya kehidupan keluarganya.

Seorang Ibu memiliki derajat dibawah sang Ayah. Ia bertugas untuk mengurus kepentingan keluarga. Mendidik anak – anaknya menjadi anak yang baik, soleh dan solehah. Berhak untuk mengingatkan sang suami dalam mengarahkan jalan kehidupan yang benar. Berhak juga untuk memperoleh pekerjaan selain menjadi ibu rumah tangga, namun hasil kerjanya tidak wajib untuk menafkahi keluarganya.

Anak memiliki derajat paling bawah di dalam suatu kelarga. Anak juga mempunyai hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan dalam kehidupan keluarga. Berhak dan berkewajiban untuk membantu orang tuanya dalam hal seperti membantu merapikan kamar tidur sendiri, mencuci pakaian miliknya sendiri, demi membantu pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Kemudian memenuhi kewajibannya untuk belajar yang tekun agar dapat membahagiakan orang tuanya nanti.


Walaupun ibu memiliki derajat dalam keluarga dibawah sang ayah, namun ibu disini memiliki peran sangat penting dalam keluarga. Karena kelembutan seorang ibu lah yang dapat membina rumah tangganya dengan sakinah. Bahkan pekerjaannya lebih berat dari pada seorang ayah dan anak. Pekerjaan rumah juga termasuk pekerjaan yang berat yang dilakukan setiap hari dengan kegiatan yang sama dan harus me-manage waktu sebaik mungkin. Namun tugas Ibu disini bukanlah menjadi sosok asisten rumah tangga atau yang disebut pembantu. Untuk itu kekompakan anggota keluarga sangat dibutuhkan. Walaupun memiliki derajat yang berbeda mereka (anggota keluarga) harus saling menghormati dan memahami satu sama lain. Namun tetap sesuai dengan aturan derajat yang telah ada. Orang tua boleh menyuruh anaknya namun anaknya tidak boleh menyuruh orangtuanya, dan anaknya harus mematuhi kata – kata orangtuanya. Tapi anak mempunyai hak untuk mengemukakan apa yang ada dipikiran mereka dan orang tua juga berhak untuk menerima pendapat anaknya dan mengarahkan anaknya ke jalan yang benar. Masing masing kelas derajat yang telah ada memiliki hak sesuai dengan derajatnya. Seperti telah memiliki tugas masing masing, namun tetap memiliki tujuan yang sama. Dan tugas tersebut mendorong untuk tercapainya tujuan bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar