Jumat, 17 Juni 2016

Seminar IT Festifal, Rise Your Technopreneur Dream’s


Seminar ini diadakan oleh BEM FTI (Fakultas Teknologi Industri) pada acara IT Festifal yang diadakan pada Selasa, 19 April 2016 pukul 08.30-12.00. Seminar ini diadakan di ruang auditorium D462, Kampus D Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya No. 100 Depok.

Pembicara yang pertama oleh Pinta Ginting yang bekerja sebagai tekhnikal. Beliau juga alumni mahasiswa Gunadarma. Di seminar ini, Pinta Ginting membicarakan suatu topik  mengenai Security Challenge in Technopreneurship.

Security Engineer adalah bertugas memasuki suatu website atau aplikasi guna untuk mencari kekurangan keamanan dari aplikasi tersebut, kemudian di report dan dibuatlah solusi untuk penanganan kekurangan tersebut.

Terdapat 4 topik yang akan dibahas:

1.       IoT (The Internet of Things) – ITPreneur

Jaman sekarang internet tidak susah lagi untuk ditemukan. Jaringan internet sudah tersebar dimana-mana. Diprediksikan terdapat 50 Miliar device akan terkoneksi internet pada tahun 2020. Tujuan dari IoT ini ialah menciptakan suatu bisnis agar lebih mudah menghasilkan suatu produk, membuat suatu produk yang baru, dengan memanfaatkan kesempatan, dan mengefisiensikan operasional yang ada.

2.       Company Profile

Compnet Group suatu perusahaan yang bekerja dibidang jasa sebagai Security Engineer. Bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan keamanan suatu aplikasi.

3.       Security Awareness

Kesadaran keamanan haruslah menjadi prioritas juga dalam pembentukan suatu aplikasi. Terkadang programming sedikit meremehkan keamanan dari aplikasi yang ia buat, karena mungkn sebelumnya telah cukup puas karena aplikasi yang ia buat telah selesai dan dapat dijalankan. Namun Security Awareness ini harus tetap dibangun dalam diri programing agar aplikasi yang ia buat tidak dapat di hack oleh cyber crime.

4.       Tips

-          Build Your Own Future
-          Be Creative (It’s time to think outside the box)
-          Know the Marketplace
-          Smart Things


Pembicara kedua oleh Jonathan Christian Susanto yang berperan menjadi Founder @InspiratorFreak, Mentor Young on Top Campus Ambassador. Beliau menjelaskan mengenai Digital.

Mengapa harus digital? Itulah judul utama yang ia berikan dalam pembukaan topiknya. Jonathan memberitahukan bahwasannya terdapat kurang lebih 88 juta pengguna internet. Namun yang disayangkan, dari total penduduk Indonesia, baru 1/3 penduduk yang baru dapat terhubung internet. Angka ini menunjukkan ke miniman nya penduduk Indonesia dapat mengenal internet. Sedangkan di dunia ini terdapat pertambahan pengguna internet sebanyak 30 juta pertahun.

Internet ialah kesempatan besar yang terbuka secara lebar untuk mendapatkan informasi sampai jual-beli secara online. Kita jangan lah diam saja dan tidak memanfaatkan kesempatan yang ada. Mindset lah otak kita untuk menjadi produsen, bukan hanya menjadi konsumen. Dalami passion mu kemudian kembangkan pemikiranmu dan tujuanmu untuk membuat sesuat hal yang dapat bermanfaat. Berasal dari ide dan dengan didasari tekad yang kuat untuk mengeksekus ide tersebut agar dapat menciptakan suatu hal yang baru.

Nah, sekarang MEA sudah diberlakukan. Siapkah kamu menghadapi kerasnya MEA? SDM Indonesia sangatlah banyak, namun yang memiliki kualitas tinggi masih kurang. Jika ingin membuat suatu usaha janganlah dilihat dari hasilnya dulu. Jangan pula mengikuti tren sekarang, karena kita tidak tahu berapa lama bertahannya suatu tren tersebut. Buatlah suatu produk yang unik, bisa saja prodk tersebut dapat menjadi tren di 3-5 tahun mendatang. Jangan lupa untuk terus mencari inovasi yang dapat memperbarui priduk yang telah kita buat agar sekiranya berguna dalam kehidupan maka akan laku dipasaran.


Pembicara ketiga datang dari Tommy Herdiansyah, ST Co-Founder dari Code Margonda. Beliau membicarakan mengenai suatu startup yang telah ia buat bersama kumpulan programmer lainnya yang masing-masing dari programmer tersebut memiliki kemampuan atau passion tersendiri. Dapat dikatakan suatu startup seperti avenger, memiliki kekuatan masing-masing yang apabila disatukan akan dapat memhasilkan sesuatu yang berharga.


Apabila kalian telah menjadi mahasiswa teknik informatika, jangan sampai anda tidak dapat melakukan coding. Karena waktu kuliah anda akan terbuang sia-sia. Tetap semangat untuk belajar coding, karena coding itu mudah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar