2.1.1 Fusion 360
Desain
dari arduino tamagotchi ini menggunakan software Fusion 360. Mengapa
menggunakan software ini untuk pembuatan desain fisik dari tamagotchi? Karena
Fusion 360 memiliki kelebihan-kelebihan yaitu terdapat fitur-fitur lengkap yang
mendukung pembuatan desain, mudah digunakan, banyak tutorial yang membantu
dalam penggunaan aplikasi ini, dan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis.
Aplikasi
Fusion 360 ialah aplikasi bawaan dari Autodesk, yaitu sebuah perangkat berbasis cloud yang
menggabungkan desain industrial dan mekanik 3D, kolaborasi, permesinan dalam
satu paket – yang menjadi solusi pertama yang tersedia untuk pembelian di Mac
App Store di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Fusion
360 dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengembang produk dan pengusaha yang
berubah. Dengan Fusion 360, para desainer dan insinyur dapat membuat produk yang
memiliki bentuk dan fungsi. Mereka bisa mempersiapkan pembuatan prototipe
sebuah produk dengan hanya menggunakan satu perangkat. Sebagai hasilnya,
pengguna dapat menggali ide produk dengan cepat dan mendapatkan hasil prototipe
dengan jauh lebih cepat.
Gambar
2.1.1 Tampilan Autodesk Fusion 360
Fusion
360 juga menyediakan satu ruangan bagi seluruh anggota tim untuk berkolaborasi
pada sebuah proyek. Manajemen data dan sharing yang telah terpasang dan menyatu
di Fusion 360 memastikan seluruh model, desain dan informasi secara otomatis
diarsipkan, diversikan, dikelola dan dapat dibagi secara aman dengan para
pemangku kepentingan lain.
Sebagai
tambahan, solusi berbasis cloud memungkinkan desainer dan insinyur dapat
mengakses Fusion 360 kapan saja dan di mana saja dengan syarat akses ke layanan
cloud membutuhkan koneksi internet dan berdasarkan pada pembatasan geografis
yang diatur dalam Ketentuan Layanan. Ini membuat pengguna dapat memantau atau
mengikuti proyek yang sedang berlangsung meskipun sedang dalam perjalanan. Software
Autodesk atau layanan berbasis cloud yang dapat didapatkan secara gratis hanya
dapat digunakan untuk kepentingan edukasi dan berdasarkan pada penerimaan dan
kepatuhan dengan persyaratan dan kondisi dari perjanjian lisensi perangkat
lunak atau persyaratan layanan. Detail dan aturan yang harus diikuti tersedia
di http://usa.autodesk.com/legal-notices-trademarks.
Pengguna dapat mengunduh melalui situs https://www.autodesk.com/products/fusion-360/students-teachers-educators.
2.1.2 Pembuatan Desain
Pembuatan
desain bentuk fisik dari tamagotchi akan dibuat berbentuk seperti balok dengan
sudut yang dihaluskan sehingga tidak terlihat runcing, dan ruang kosong bagian
tengah/dalam balok yang akan diisi dengan sirkuit arduino. Terdiri dari 5
bagian yaitu, dasar/wadah, tutup atas, dan 3 buah tombol.
- Dasar
Dasar
digunakan sebagai tempat atau wadah yang akan diisikan dengan sirkuit atau
bagian-bagian elektronik pendukung pembuatan arduino tamagotchi. Desain dapat
dilihat pada gambar berikut ini.
-
Gambar tampak belakang
Alas
berbentuk persegi panjang dengan sisi yang datar tanpa ada lubang, dengan
bagian sudut yang dihaluskan sehingga tidak berbentuk sudut siku-siku yang
tajam.
Gambar
2.1.2
-
Gambar tampak depan kiri
Dasar
berbentuk balok dengan sisi bagian kiri terdapat lubang persegi panjang. Lubang
ini sebagai pengisian daya baterai dengan listrik yang disalurkan menggunakan
kabel, seperti pengisian pada smatphone.
Pada bagian alas juga terdapat 4 objek kecil berbentuk tabung yang berfungsi
sebagai penyangga sirkuit arduino.
Gambar
2.1.3
-
Gambar tampak depan kanan
Pada
sisi bagian kanan tidak terdapat lubang. Seperti alas hanya memiliki sisi yang
datar.
Gambar
2.1.4
-
Gambar tampak atas
Pada
sisi bagian atas terdapat lubang persegi panjang di sebelah kanan.
Gambar
2.1.5
-
Gambar tampak bawah
Terdapat
lubang pada kanan bawah yang berfungsi sebagai tombol on-off pad tamagotchi.
Gambar
2.1.6
- Tutup Atas
Sebagai
penutup dari wadah, tutup atas ini merupakan tampilan depan yang akan
memperlihatkan layar permainan tamagotchi. Berbentuk seperti balok yang
dipipihkan tanpa ruang kosong didalamnya, agar telihat memiliki sisi yang
tebal, tidak seperti hanya secarik kertas dengan sisi yang tipis.
Gambar
2.1.7
Pada tampilan depan terdapat 3 buah lubang berbentuk
lingkaran yang berfungsi sebagai tombol atau joystick untuk menjalankan
permainan. Kemudian ada 1 buah lubang persegi panjang untuk menampilkan gambar
atau layar permainan, dan beberapa lubang yang membentuk seperti lingkaran
sebagai tempat keluar nya suara (speaker) dari permainan tamagotchi tersebut.
Gambar
2.1.8
- Tombol
Terdapat
3 buah tombol sebagai menu perantara pengguna untuk menggerakan objek pada
permainan tamagotchi. Tombol yang dibuat sama seperti tombol pada umunya
berbentuk seperti tabung kecil. Pada bagian bawah tombol memiliki cekungan
lingkaran yang menjorok kedalam, ukuran ini disesuaikan dengan tombol yang
telah di hubungkan pada sirkuit arduino.
Gambar
2.1.9 dan 2.1.10
2.1.3 Penggabungan Objek Desain
Bagian-bagian
fisik permainan yang telah dibuat seperti diatas dapat dihubungkan dan diberi
pewarnaan seperti gambar berikut. Menggunakan warna coklat karena bahan fisik
yang akan digunakan untuk membuat desain ini menggunakan bahan dasar kayu,
sehingga diharapkan sesuai dengan warna dan tekstur kayu yang akan digunakan.
Gambar
2.1.11
Gambar
2.1.12
2.1.4 Cetak Desain
Pembuatan
alat permainan ini tidak dilakukan secara manual dengan memotong bagian-bagian sisi balok kemudian
menggabungkannya menjadi satu menggunakan lem atau perekat. Karena semakin hari
teknologi semakin canggih, pembuatan badan tamagotchi ini menggunakan alat
cetak 3D seperti Gambar 4.1. Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak semua
komponen desain kurang lebih 3 jam.
Pengaturan Alat Cetak:
-
Printer
Brand: Wanhao
-
Printer:
Wanhao
Duplicator i3 V2
-
Rafts:
Yes
-
Supports:
No
-
Resolution:
0.25
-
Infill:
20%
Gambar
2.1.13
Bahan cetak 3D menggunakan dua filamen kayu yaitu filet
EasyWood Coconut dan Birch FormFutura. Filamen ini memiliki bau dan bahan yang
mirip dengan kayu, tidak seperti plastik. Bahan yang digunakan membutuhkan 70gr
filamen, biaya yang dikenakan sekitar 5$ jika mencetak dirumah.
Hasil
cetakan desain terlihat sangat rapi dan apik, dapat dilihat pada Gambar 4.3
dibawah ini.
Gambar
2.1.14
2.1.5 Pewarnaan Objek
Setelah
melakukan pencetakan selama kurang lebih 3 jam, proses selanjutnya melakukan penghalusan
badan tamagotchi menggunakan kertas amplas dan pernis. Proses ini memang
membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran yang tinggi, namun hasil yang
akan dicapai juga akan memuaskan. Karena proses inilah yang akan membuat badan
tamagotchi terlihat lebih mengesankan.
Gambar
2.1.15
Setelah pengamplasan selesai, proses selanjutnya
melakukan pewarnaan atau pernis kayu pada semua objek. Pada bagian dasar objek
dan penutup atas menggunakan pernis Chestnut,
dan pada ketiga tombol menggunakan pernis Oak.
Gambar
2.1.16 dan 2.1.17
Lakukan
pengolesan pernis dengan merata ke semua bagian objek.
Gambar
2.1.18
Setelah semua objek telah dipernis, diamkan objek hingga
kering kurang lebih 24 jam untuk pengeringan. Hasil pernis dapat dilihat pada gambar
2.1.19
Gambar
2.1.19
2.1
Interaksi Game
Cara
mengaktifkan permainan “Tamaguino” dengan cara menggeser tombol on-off yang
terletak dibagian sisi bawah kiri tamaguino. Pada tamaguino ini terdapat 3 buah
tombol sebagai alat untuk menjalankan permainan. Tombol sebelah kiri untuk
memilih menu, tombol tengah untuk menentukan pilihan, dan tombol sebelah kanan
untuk membatalkan atau kembali.
Inti
pada permainan ini adalah memelihara hewan pada tamaguino yaitu, dinosaurus
agar menjadi dino yang tumbuh besar dan sehat dengan cara terus merawat dino
pada tamaguino ini. Terdapat 8 menu untuk merawat dino, yang terdiri dari menu stats, food, game, sleep, doctor,
discipline, clean, dan settings. Untuk mengakses menu-menu tersebut dapat
menekan tombol sebelah kiri.
A. Menu Stats
Pada
menu ini akan diperlihatkan statistik status dari kebutuhan dino seperti
statistik hunger, happiness, helath,
discipline, weight, age. Untuk cara melihat masing masing statistik stats
dengan cara mengklik tombol paling kiri untuk memilih stats yang ingin dilihat
statistiknya, lalu klik submenu stats atau jenis stats dengan tombol tengah,
apabila anda ingin mengganti tipe statistiknya klik tombol paling kiri kembali.
Pada
gambar 2.2.1 memperlihatkan statistik tingkat kelaparan dari si dino. Gambar
2.2.2 memperlihatkan tingkat kebahagiaan si dino. Gambar 2.2.3 menunjukan
tingkat kesehatan si dino. Gambar 2.2.4 menampilkan statistik kedisiplinan
dino. Gambar 2.2.5 memperlihatkan ukuran berat badan si dino. Pada gambar 2.2.6
memberitahukan umur dari si dino.
Gambar
2.2.1 Gambar 2.2.2
|
Gambar
2.2.3 Gambar 2.2.4
Gambar
2.2.5 Gambar 2.2.6
B. Menu Food
Pada
menu ini berfungsi untuk memberikan makanan kepada dino. Setiap makanan yang
diberikan kepada dino akan berdampak pada statistik stats dino. Terdapat 2 alternatif pilihan makanan pada menu ini,
yaitu buah apel dan daging, untuk minuman hanya tersedia air mineral saja.
Apabila memberikan berbagai macam makanan secara terus menerus akan
meningkatkan statistik hunger. Setiap
makanan memiliki pengaruh yang berbeda untuk stats, jika dino memakan buah
apel, maka statistik health akan
bertambah namun pertambahan pada statistik hunger
hanya sedikit. Apabila dino diberi makan daging, statistik hunger akan bertambah banyak namun statistik health akan berkurang. Untuk meminum air mineral bersifat netral,
tidak mengurangi atau menambah statistik dari suatu stats. Selanjutnya apabila pemain ingin memilih makanan pada menu food,
gunakan tombol sebelah kiri, jika sudah memilih makanannya, tekan tombol
tengah untuk memberikannya kepada dino.
Gambar
2.2.7
Gambar
2.2.7 menunjukan apabila pemain memilih buah apel untuk diberikan kepada dino.
Gambar
2.2.8
Gambar
2.2.8 menunjukan apabila pemain memilih daging untuk diberikan kepada dino.
Gambar
2.2.9
Gambar
2.2.9 menunjukan apabila pemain memilih air mineral untuk diberikan kepada
dino.
C. Menu Game
Terdapat
pilihan menu game, menu ini berfungsi
untuk meningkatkan statistik happiness,
caranya dengan melompat di setiap rintangan, jika gagal melompati rintangan
maka dino dinyatakan kalah dari permainan. Untuk melompati rintangan klik
tombol paling kiri.
Gambar
2.2.10
Game
dapat menambah statistik happiness,
namun game ini juga akan menurunkan berat badan si dino. Pada permainan ini
terdapat score dan level untuk menambah rasa keseruan pemain. Apabila score
dapat melewati angka 10, maka kecepatan dino akan bertambah dan akan terjadi
kenaikan level dalam permainan. Aturan ini berlaku untuk score kelipatan 10
berikutnya.
D. Menu Sleep
Dino
pun perlu beristirahat, untuk mengistirahatkannya pilih menu sleep kemudian klik tombol tengah untuk memulai. Namun perlu
diingat, tidur dapat membuat semua tipe statistik berkurang.
Gambar
2.2.11
E. Menu Doctor
Ketika
kesehatan dino sedang buruk, pilihlah menu doctor
untuk menyembuhkan dino sehingga akan berpengaruh pada statistik health dino yang akan meningkat. Untuk
memilihnya tekan pada tombol tengah.
Gambar
2.2.12
F. Menu Discipline
Pilih
menu discipline agar dino menjadi
lebih penurut, karena saat statistik disiplin sedang turun, dino tidak mau
diberi makanan. Namun apabila terlalu sering memberikan kedisiplinan, lambat
laun statistik happiness mengalami
penurunan. Untuk memulai pendisiplinan tekan tombol pada bagian tengah.
Gambar
2.2.13
G. Menu Clean
Apabila
dino terlalu banyak makan, ia akan meninggalkan beberapa kotoran. Segera
lakukan pembersihan dengan cara tekan tombol sebelah kiri kemudian pilih menu clean, tekan tombol bagian tengah untuk
melakukan pembersihan. Jika tidak dilakukan pembersihan, maka dapat mengurangi
statistik health dino.
Gambar
2.2.14
H. Menu Settings
Menu
ini berisikan pengaturan suara pada tamaguino. Dapat diubah dengan cara klik
tombol bagian kiri untuk mengaktifkan suara ataupun menonaktifkan suara.
Gambar
8.15
Rawatlah
selalu tamaguino mu agar bisa naik ke level selanjutnya. Selamat bermain!
2.1
Kelebihan Game
Permainan “Tamaguino”
memiliki beberapa kelebihan sehingga permainan tersebut menarik untuk dimainkan
yaitu:
-
Tampilan yang unik berbeda dengan
tamagotchi sebelumnya.
-
Cara bermain sama seperti tamagotchi
pada umumnya sehingga seperti mengingatkan kesan permainan tahun 90’an.
-
Hewan peliharan berbasis digital.
-
Melatih motorik halus, saat menekan
tombol yang ada pada tamagotchi.
-
Melatih kesabaran dan tanggung jawab,
saat merawat binatang.
DAFTAR PUSTAKA
Untuk lebih lengkapnya dapat diunduh dihalaman berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar